Hukum Dalam Kehidupan Masyarakat Sekitar

  • Amelia Robertson
  • December 26, 2019
  • Mengingat kita hidup di suatu negara, berarti kita juga terikat pada aturan yang telah di buat negara tersebut. Dilihat dari tindak laku yang diperbuat, hukum tersebut yang menjadi acuan sanksi yang akan di peroleh oleh tiap-tiap pelaku tindak pidana tersebut. Sebagaimana telah di tetapkan pada UUD 1945 beserta KUHP yang berada, sanksi yang nantinya di berikan bisa berupa sanksi yang ringan hingga sanksi yang berat berujung suatu vonis mati pada kesalahan yang di perbuat. Baru-baru ini, sudah terdengar sebagaimana pak Presiden mengutarakan bahwasannya, Presiden setuju adanya Hukuman Mati bagi pengedar narkoba yang ada di Indonesia. Karena, berpengaruh buruk terhadap lingkungan di sekitar sehingga hukuman inilah yang menjadi hukuman berat yang harus di lakukan oleh negara untuk para pelaku tersebut.

    Dalam halnya, hukum-hukum Agama atau Sosial juga menjadi salah satu peran penting yang masih di jalankan hingga saat ini. di kehidupan bermasyarakat pun berbagai macam hukum sedang dijalankan dengan sebaik mungkin. Berikut ini, hukum-hukum yang berjalan dalam kehidupan masyarakat kita.

    Hukum Mengenai Perkawinan

    Perkawinan atau pernikahan yang merupakan ikatan antara seorang lelaki dan juga seorang wanita yang memang sudah sah, memiliki tujuan untuk membangun suatu keluarga bahagia yang sakinah, mawadah dan juga warohmah menjadi satu rumah tangga yang harmonis. Dalam UU No 1 tahun 1974 berbunyi “ikatan lahir batin antara seorang pria dan juga seorang perempuan, menjadi suami istri yang bertujuan untuk membentuk keluarga yang bahagia serta kekal yang memang di dasari oleh Ketuhanan Yang Maha Esa”. Dimana ada syarat yang harus di ikuti seperti :

    • Harus di lakukan sesuai hukum dan juga kepercayaannya.
    • Harus di setujui oleh keduanya.
    • Adanya batasan umur sang pria minimal 20 tahun dan wanita 17 tahun.

    Adapun yang mengatur dalam beberpa hal lainnya seperti :

    • Adanya Divorce.
    • Hak dan kewajiban dari suami istri.
    • Pembatalan perkawinan.
    • Perjanjian perkawinan dan percampuran kekayaan.

    Hukum Mengenai Hak Waris

    Dimana dalam hal ini, hukum bertindak untuk mengatur yang namanya peninggalan dari harta seseorang di karenakan orang tersebut sudah meninggal dunia. Biasanya hak ini akan di berikan kepada keluarga dari yang di tinggalkan atau juga memang sudah di tetapkan sebelum meninggal di donasikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Hukum waris yang berlaku ada 3 yaitu : Hukum Waris Adat, Hukum Waris Islam dan juga Hukum Waris Perdata. Biasnaya hukum-hukum waris yang berlaku ini mencakup beberapa hal, seperti ; Hak yang memang mewarisi menurut UUD, bisa menerima bahkan menolak warisan link alternatif sbobet tersebut, perihal pembagian dalam warisan, perihal wasiat yang di berikan sebelumnya, adanya harta yang tidak terurus dll.

    Hukum Mengenai Kekeluargaan

    Secara singkat, untuk hukum ini sendiri menyangkut pada perihal masalah kekeluargaan. Diantaranya : hal perkawinan serta hubungan atau keterkaitan dalam hukum kekayaan dari pasangan suami istri tersebut, adanya hubungan antara orang tua dan juga anak. Dimana untuk hukum ini, mengatur jelas tentang :

    • Adanya keturunan – kekuasaan pada orang tua
    • Adanya perwalian yang berlaku – pendewasaan seseorang
    • Orang yang hilang – serta mengatur Curatele

    Hukum Mengenai Kekayaan

    Hukum ini masuk kedalam hukum perdata yang aktif hingga kini di jalankan dalam sistem bermasyarakat. Biasanya, hukum ini di gunakan atau di jalankan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang memang terjadi di lingkungan bermasyarakat. Hukum mengenai kekayaan ini, menganut beberapa asas sebagai acuan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

    a) Asas Kepercayaan
    b) Asas Persamaan Hukum
    c) Asas Keseimbangan
    d) Asas Moral
    e) Asas Perlindungan
    f) Asas Kepatutan
    g) Asas Kepribadian

    Dimana pada tiap asas ini memiliki peran yang berbeda-beda dalam setiap permasalahannya.

    Hukum yang berlaku inilah yang menjadi kunci keadilan bagi masyarakat itu sendiri. Karena dengan adanya beberapa hukum yang memang sudah di atur oleh negara, membuat tiap-tiap warga merasa aman untuk meminta Hak Asasi nya pada hukum tersebut. Semoga saja dengan adanya artikel ini, membantu kalian mengetahui lebih lanjut mengenai hukum yang ada di Indonesia ya guys.